April 12, 2008

rahasia kekuatan pikiran tanpa batas…


Judul Buku: The Secret

Pengarang: Rhonda Byrne

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2007

Jumlah halaman: 256


Ketika manusia senantiasa diajarkan untuk pasrah, atau dalam budaya jawa “nrimo ing pandum”, justru hadir ditengah kita dan menjadi perbincangan, satu buah buku karya Rhonda Byrne (50), yang memberikan pandangan tentang bagaimana kita seharusnya sebagai manusia yang hidup di dunia, yang butuh perjuangan untuk bertahan dalam kerasnya kehidupan. Tidak hanya dengan pasrah. Tidak juga cukup dengan berdoa dan berusaha. Tapi lebih daripada itu.

Dengan bahasa yang lugas dan sederhana, dan juga berkat inspirasi dari buku pemberian putrinya yang berjudul “The Science of Getting Rich” karangan Wallace D. Wattles terbitan 1910, Rhonda Byrne – produser film TV Australia – yang pernah mengalami keterpurukan hidup di th 2004 karena ayahnya meninggal dunia, ibunya sudah bosan melanjutkan hidup, dan terjadi perpecahan dengan partner kerjanya yang mengarah pada kebangkrutan perusahaannya ini berusaha membagikan semangat dan pengalaman tentang kekuatan pikiran tanpa batas dalam diri manusia yang bisa merubah segalanya.

Dipenuhi dengan segala gagasan-gagasan tentang self improvement dan juga cuplikan-cuplikan kisah rahasia 24 guru bahasa yang cukup inspirational, serta dilengkapi dengan kalimat-kalimat dari orang-orang ternama yang sukses dibidangnya, menjadikan buku ini menarik dan memiliki bobot lebih, dan langsung menjadi Best Seller versi New York Times, Amerika. Buku yang pernah dikupas tuntas oleh Oprah Winfrey dalam acara Oprah Show, tak lama setelah launching ini, juga berhasil menjadi top five best seller di Amazone – salah satu online store terbesar dan cukup ternama di dunia.

Terbagi dalam beberapa sub pokok bahasan, buku ini mengungkap adanya “Law of Attraction” atau hukum tarik menarik di alam semesta. Dikatakan secara rinci didalamnya, bahwa kita secara individual memiliki energi tarik menarik atau magnet paling kuat dari semua yang ada, dimana magnet dalam diri kita ini terpancar melalui pikiran kita. Seperti layaknya sebuah magnet, pikiran kita bisa menarik semua yang ada yang memiliki frekuensi sama. Sebagai contoh, jika kita memancarkan pikiran buruk secara terus menerus, maka energi yang akan kita tarik adalah energi buruk, pikiran buruk, dan kejadian-kejadian buruk. Begitu juga sebaliknya. Dengan kata lain, buku ini berusaha mengajarkan dan membuka mata hati kita tentang “mindset”, dimana kita harus selalu berpikiran positif terhadap segala hal yang ada untuk menarik hal-hal positif dan menjadikannya nyata, bukan lagi sekedar mimpi.

Lebih jelas lagi, buku yang berisi tentang pengungkapan rahasia dan bagaimana penggunaanya, serta rahasia-rahasia yang bisa diterapkan di berbagai bidang kehidupan termasuk diantaranya rahasia uang, rahasia relasi, rahasia kesehatan, rahasia dunia, rahasia anda, dan rahasia kehidupan ini benar – benar mengajak kita untuk lebih yakin dan mengetahui secara jelas tentang apa yang kita inginkan, dimana yang kita inginkan harus benar-benar kita tanamkan dalam diri dan hati kita dengan penuh keyakinan tanpa ada keraguan, serta niat baik pula. Seolah ingin mengatakan secara tegas dan jelas, bahwa akan percuma hanya dengan pasrah, berdoa dan berusaha jika ada keraguan didalamnya.

Dengan mengungkap tentang pemikiran-pemikiran positif yang bisa membawa sukses pada kita tidak hanya secara materi tapi juga dalam urusan cinta, buku yang juga mengingatkan kita akan ajaran Buddha Gautama “what we think, we become” dan seolah membenarkan ajarannya ini, menjadi kontrovesial dan diperdebatkan oleh dunia. Tidak hanya dimata kita yang hidup dan tinggal di jawa lengkap dengan budayanya, atau Indonesia dengan budaya ketimurannya, tapi juga dimata dunia. Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan hanya dengan duduk merenung dan memikirkannya secara khusyuk, serta menamkannya dengan penuh keyakinan dan niatan yang baik dalam hati dan pikiran kita? Atau mungkin lebih gampang lagi, bayangkan saja ketika kita menginginkan hutang-hutang kita lunas. Akankah dengan hanya memikirkannya secara yakin dan disertai dengan niatan baik, serta benar-benar tertanam dalam pikiran kita, alam semesta akan dengan sendirinya melunasi hutang kita? Hanya dengan membaca buku ini, anda bisa menjawabnya. (dns)

2 komentar:

dee mengatakan...

mungkin buku ini dah agak kemaren... tapi keknya masie enak juga buat diomongin...secara keknya susah gitu buat selalu berpikir positif dan ga mikir negatif sedikitpun... ya ga sie?? :p

Anonim mengatakan...

heheheh... bahkan sebelum ada dengung-dengung desikret tea'.. aku selalu trying to be positive.. *trying thok* terutama kalo tagihan dateng n udah deket-deket tanggal jatih tempo hihihihihih